PENGARUH LIKUIDITAS DAN TINGKAT HUTANG TERHADAP YIELD SUKUK (Studi Pada Perusahaan Non Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017)

Siti Sholikhah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh likuiditas dan tingkat hutang terhadap yield sukuk pada Perusahaan Non Keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Likuiditas diukur dengan Current Ratio (CR), tingkat hutang diukur dengan Debt to Equity Ratio (DER), dan yield sukuk dengan Yield To Maturity (YTM).
Populasi penelitian ini adalah semua perusahaan non keuangan yang menerbitkan sukuk di Bursa Efek Indonesia. Sampel diambil berdasarkan metode purposive sampling sebanyak 11 perusahaan non keuangan dengan jumlah data sebanyak 55 data. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dengan cara mengunduh laporan tahunan dan laporan sukuk. Anaisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan alat bantu SPSS versi 19.0 for windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa likuiditas berpengaruh positif terhadap yield sukuk pada perusahaan non keuangan. Selanjutnya tingkat hutang tidak berpengaruh terhadap yield sukuk pada perusahaan non keuangan.
Kata Kunci : yield sukuk, likuiditas, tingkat hutang


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.