PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN JINGLE IKLAN TERHADAP BRAND AWARENESS (Studi pada Pengguna Situs Belanja Online Shopee di Purworejo)
Abstract
Iklan merupakan pesan untuk mendorong, membujuk khalayak agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Iklan sangat cocok dalam membangkitkan kesadaran merek karena iklan memungkinkan pesan dan audiens mengalami kedekatan. Kesadaran konsumen terhadap suatu merek dapat ditingkatkan melalui berbagai upaya yaitu dengan kreatif dalam menyampaikan pesan yang berbeda dengan merek lain, memakai jingle dan menggunakan celebrity endorser juga dapat meningkatkan kesadaran merek. Selebrity digunakan sebagai juru bicara merek agar cepat melekat di benak konsumen (awareness) sehingga konsumen mau menggunakan merek tersebut
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menguji pengaruh celebrity endorser terhadap brand awareness. (2) Menguji pengaruh jingle iklan terhadap brand awareness. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Purworejo. Sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan pertimbangan masyarakat yang menggunakan situs belanja online shopee. Sampel dalam penelitian ini berjumalh 100 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dinilai dengan skala likert yang masing-masing sudah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linier berganda.
Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa brand awareness dan jingle iklan situs belanja online Shopee berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian ini dapat diterima.
Kata kunci: Celebrity Endorser, Jingle iklan, dan Brand Awareness
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.