PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN BRAND IMAGE TERHADAP PURCHASE INTENTION PRODUK NATURE REPUBLIC

Octiana Dwi Ambarwati

Abstract


Kosmetik merupakan salah satu hal penting dan menjadi kebutuhan pokok bagi kaum wanita untuk mempercantik penampilan dan juga merawat kulit. Saat ini tren kosmetik Korea banyak dicari dan digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Salah satu produk kosmetik Korea yang banyak di cari dan digunakan adalah Nature Republic Aloe Vera Soothing Gel 92%. Masyarakat cenderung menggunakan media sosial seperti Youtube untuk mencari informasi terkait produk tersebut. Masyarakat kini dalam memilih kosmetik mendasarkan pada berbagai kriteria seperti halnya bagaimana electronic word of mouth dan brand image yang dimilki oleh merek guna mempengaruhi purchase intention. Oleh itu, perusahaan harus mampu menciptakan strategi yang tepat yaitu dengan menggunakan electronic word of mouth dan brand image untuk dapat mempengaruhi minat beli masyarakat pada produk Nature Republic.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh electronic word of mouth dan brand image secara parsial terhadap purchase intention produk Nature Republic di kalangan mahasiswi Universitas Muhammadiyah Purworejo. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang sudah di uji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda.
Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa electronic word of mouth dan brand image secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention pada produk Nature Republic di kalangan mahasiswi Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Kata kunci: electronic word of mouth, brand image, purchase intention, youtube


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.