PENGARUH SIKAP, PERSEPSI KONTROL PERILAKU, DAN NORMA SUBJEKTIF TERHADAP NIAT BELI LIPSTIK WARDAH
Abstract
Kesadaran penampilan menyebabkan orang menjadi tertarik dengan kosmetik dan pakaian untuk mengungkapkan atau mengubah pribadi mereka. Saat ini kosmetik merupakan hal yang sangat dekat bagi kaum hawa, kosmetik bahkan tidak hanya digunakan pada saat- saat tertentu saja bahkan saat ini kosmetik bisa digunakan untuk hari- hari biasa. Salah satu alat kosmetik yang penting dan jarang terlewatkan oleh kaum hawa yaitu lipstik. Bahkan saat ini banyak lipstik dengan berbagai jenis dan berbagai warna dari berbagai merek. Wardah menjadi salah satu merek kosmetik yang menjadi favorit kaum hawa saat ini.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sikap, persepsi kontrol perilaku dan norma subjektif terhadap niat beli lipstik Wardah pada calon pengguna lipstik Wardah yang ada di Kabupaten Purworejo secara parsial, serta untuk menganalisis variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap niat beli pengguna lipstik Wardah yang ada di Kabupaten Purworejo.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua calon konsumen lipstik Wardah yang ada di Kabupaten Purworejo. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian dilakukan dengan teknik Purposive Sampling dengan sampel sebanyak 120 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert yang sudah diuji cobakan dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda.
Sikap berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli lipstik Wardah, persepsi kontrol perilaku berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli lipstik Wardah, dan norma subjektif berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli lipstik Wardah.
Kata kunci : sikap, persepsi kontrol perilaku, norma subjektif dan niat beli
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.