PENGARUH BRAND REPUTATION, BRAND COMPETENCE, DAN BRAND LIKING TERHADAP TRUST IN BRAND PADA KONSUMEN LAPTOP ASUS DI PURWOREJO
Abstract
Semakin ketatnya persaingan antar perusahaan elektronik di Indonesia. Masing-masing perusahaan bersaing untuk mempertahankan pelanggan. Situasi saat ini menuntut perusahaan agar mampu mempertahankan kepercayaan merek konsumennya. Berbagai cara dilakukan perusahaan untuk mempertahankan kepercayaan merek. Dengan meningkatkan brand reputation, brand competence, dan brand liking maka konsumen akan memiliki kepercayaan pada merek (trust in brand).
Penelitaan ini bertujuan untuk menguji pengaruh brand reputation, brand competence, dan brand liking terhadap trust in brand. Objek penelitian ini adalah laptop merek ASUS. Populasi penelitian ini adalah seluruh pengguna laptop merek ASUS di Purworejo. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Pengambilan sampel menggunakan metode Purposive Sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang masing-masing telah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa brand reputation, brand competence, dan brand liking. berpengaruh positif dan signifikan terhadap trust in brand pada konsumen laptop ASUS di Purworejo.
Kata kunci: brand reputation, brand competence, brand liking, dan trust in brand
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.