PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi pada Pelanggan Resto Waroeng SS Cabang Purworejo)

Berlian Nusantara

Abstract


Sekarang ini ada berbagai strategi pemasaran yang diterapkan oleh produsen salah satunya
yaitu experiential marketing. Pengertian experiential marketing sendiri yaitu pendekatan
pemasaran kepada konsumen yang mengedepankan strategi marketing yang berupa sense, feel,
think, act, dan relate. Experiential marketing ini bisa menarik konsumen karena pemasarannya
yang berbeda, strategi ini tidak hanya menawarkan produk yang diproduksi oleh perusahaan,
tetapi juga mempertimbangkan kelima aspek yang telah dijelaskan sebelumnya. Dalam sebuah
bisnis, kepuasan pelanggan merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan.
Berkaitan dengan hal ini, perlu diketahui seberapa besar kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh
experiential marketing. Penelitian ini bertujuan untuk menguji 1) pengaruh sense terhadap
kepuasan pelanggan. 2) pengaruh feel terhadap kepuasan pelanggan. 3) pengaruh think terhadap
kepuasan pelanggan. 4) pengaruh act terhadap kepuasan pelanggan. 5) pengaruh relate terhadap
kepuasan pelanggan.
Populasi pada penelitian ini adalah semua pelanggan Resto Waroeng SS Cabang Purworejo.
Teknik penentuan sampel menggunakan Purposive Sampling dengan sampel yang digunakan
sebanyak 120 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan jawaban dinilai
menggunakan Skala Likert yang terdiri dari lima pilihan jawaban. Untuk mengetahui keakuratan
pengukuran serta kestabilan parameter kuesioner, terlebih dahulu dilakukan pengujian kuesioner
dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan
analisis regresi linear berganda dengan program SPSS 19 for Windows.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa variabel sense, feel, think, act, dan
relate berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini menunjukkan
bahwa kepuasan pelanggan akan semakin meningkat jika Waroeng SS Cabang Purworejo
meningkatkan variabel-variabel experiential marketing yaitu sense, feel, think, act, dan relate.
Kata kunci: Sense, Feel, Think, Act, Relate, Kepuasan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.