PENGARUH BEAUTY VLOGGER TASYA FARASYA DI YOUTUBE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK MAYBELLINE (Studi pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Abstract
Persaingan bisnis antara perusahaan kosmetik yang satu dengan perusahaan kosmetik lain semakin ketat. Hal ini menjadi tantangan bagi perusahaan kosmetik untuk melihat keinginan konsumen yang dapat menimbulkan keputusan pembelian terhadap produk kosmetik yang diproduksi. Salah satu hal yang dilakukan perusahaan untuk memenangkan persaingan bisnis yaitu dengan menggunakan beauty vlogger. Beauty vlogger merupakan salah satu sumber yang termasuk ke dalam konsep kelompok referensi. Beauty vlogger memiliki beberapa karakteristik seperti kepercayaan, daya tarik, dan keahlian. Adanya beauty vlogger di Youtube dapat membantu konsumen lebih mudah mencari informasi dan mengetahui spesifikasi produk-produk kecantikan dan pada akhirnya akan menimbulkan keputusan pembelian produk kosmetik tertentu. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji: 1) pengaruh kepercayaan beauty vlogger terhadap keputusan pembelian, 2) pengaruh daya tarik beauty vlogger terhadap keputusan pembelian, 3) pengaruh keahlian beauty vlogger terhadap keputusan pembelian.
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswi Universitas Muhammadiyah Purworejo. Sampel yang digunakan sebanyak 120 orang, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan jawaban dinilai menggunakan skala Likert. Untuk mengetahui keakuratan pengukuran serta kestabilan parameter kuesioner, menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Pengujian dilakukan dengan regresi linier berganda dengan program SPSS 24.0. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan kepercayaan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Daya tarik berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dan keahlian berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci : Beauty vlogger, kepercayaan, daya tarik, keahlian, keputusan pembelian
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.