PENGARUH PRICE DISCOUNT, BONUS PACK, DAN IN‐STORE DISPLAY TERHADAP KEPUTUSAN IMPULSE BUYING (Studi pada Konsumen Swalayan Jodo Plaza Purworejo)
Abstract
Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang semakin membaik mendorong timbulnya
laju persaingan dalam dunia usaha. Sehingga menyebabkan persaingan bisnis yang dihadapi
perusahaan‐perusahaan semakin ketat. Peritel harus mengikuti perkembangan yang terjadi
dengan mengembangkan inovasi dalam promosi penjualan agar tetap unggul dipasar
persaingan yang ketat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji 1) pengaruh price discount
tehadap keputusan impulse buying. 2)pengaruh bonus pack tehadap keputusan impulse
buying. 3)pengaruh in‐store display tehadap keputusan impulse buying.
Populasi pada penelitian ini adalah semua konsumen yang pernah atau sedang
melakukan pembelian ke Swalayan Jodo Plaza Purworejo. Sampel yang diambil sebanyak
120 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling.
Kuesioner telah diuji dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian
hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa price discount, bonus pack, dan instore
display berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan impulse buying. Hal ini
menunjukkan bahwa keseluruhan hipotesis yang diajukan terbukti dan dapat diterima.
Kata kunci:price discount, bonus pack, in‐store display, impulse buying
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.