PENGARUH STRATEGI CO-BRANDING TERHADAP EKUITAS MEREK (Studi Pada Konsumen Rinso Molto di Purworejo)

Rizki Wulandari

Abstract


Semakin ketatnya persaingan dalam dunia bisnis, membuat perusahaan harus mampu mempertahankan eksistensinya di pasar. Perusahaan perlu membentuk ekuitas merek agar konsumen tidak berpaling pada produk yang lain. Salah satu cara meningkatkan ekuitas merek adalah dengan menerapkan strategi co-branding. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah co-branding yang terdiri dari reputation, product fit, trust, attitude toward co-branding, dan familiarity berpengaruh positif dan signifikan terhadap ekuitas merek produk Rinso Molto.
Populasi pada penelitian ini adalah konsumen yang pernah melakukan pembelian produk Rinso Molto di Purworejo. Penelitian ini menggunakan metode sampel non probabilitas dengan teknik purposive sampling, dan sampel yang digunakan sebanyak 125 orang. Sedangkan, pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan SPSS versi 16.
Hasil analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel reputation, product fit, trust, attitude toward co-branding dan familiarity berpengaruh positif dan signifikan terhadap ekuitas merek secara parsial.
Kata kunci: co-branding, reputation, product fit, trust, attitude toward cobranding, familiarity, ekuitas merek.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.