PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND AWARENESS DAN BRAND TRUST TERHADAP BRAND LOYALTY (Studi pada Konsumen Fresh Care Minyak Angin Aromatherapy di Purworejo)
Abstract
Persaingan dalam dunia bisnis yang semakin meningkat mengharuskan perusahaan untuk mampu merebut hati konsumen dan mempertahankan pelanggan, terlebih pada konsumen yang mudah tergoda untuk mencoba atau berpindah merek. Dalam persaingan yang ketat suatu perusahaan dituntut untuk menghasilkan produk yang inovatif. Berkaitan dengan hal ini, perlu diketahui seberapa besar brand loyalty dipengaruhi oleh brand image, brand awareness, dan brand trust. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji 1) pengaruh brand image terhadap brand loyalty. 2) pengaruh brand awareness terhadap brand loyalty. 3) pengaruh brand trust terhadap brand loyalty.
Populasi pada penelitian ini adalah semua konsumen yang pernah membeli Fresh Care minyak angin aromatherapy di Purworejo. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling sebanyak 120 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan alternatif pilihan jawaban. Kuesioner telah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reabilitas. Pengujian dilakukan dengan regresi linier berganda dengan program SPSS 16.0.
Berdasarkan hasil analisis disimpulkan brand image berpengaruh positif terhadap brand loyalty. Brand awareness berpengaruh positif terhadap brand loyalty dan brand trust berpengaruh positif terhadap brand loyalty.
Kata kunci: Brand Image, Brand Awareness, Brand Trust, dan Brand Loyalty
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.