PENGARUH COSTUMER DISSATISFACTION DAN SALES PROMOTION DENGAN VARIETY SEEKING SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA COSTUMER DISSATISFACTION TERHADAP BRAND SWITCHING (Studi pada Pengguna Smartphone Merek Samsung yang Beralih Ke Smartphone Merek Oppo di Kebumen)

Nurina Dwi Septiani

Abstract


Sekarang ini banyak merek dan produk smartphone yang muncul dan bersaing di
pasar sehingga konsumen memiliki beragam pilihan dan alternatif produk smartphone
yang dapat memenuhi kebutuhannya. Samsung dan OPPO saat ini saling berlomba
mengeluarkan produk-produk smartphone bermutu demi mengalihkan perhatian publik.
Seiring berjalan waktu, brand baru bermunculan dan mencoba meneliti pangsa pasar
smartphone Samsung. Pada penelitian ini peneliti memfokuskan penelitian pada
konsumen menggunakan smartphone Samsung yang berpindah pada smartphone OPPO.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) Pengatuh costumer dissatisfaction terhadap
brand switching, (2) Pengaruh sales promotion terhadap brand switching, (3) Pengaruh
costumer dissatisfaction terhadap brand switching dengan variety seeking sebagai
variabel moderasi.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah menggunakan
smartphone Samsung dan berpindah merek ke smartphone OPPO. Teknik pengambilan
sampel menggunakan non probability sampling yaitu purposive sampling, dengan
sampel sebanyak 120 responden dan memiliki batas usia minimal 18 tahun.
Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert yang diujicobakan dan
telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Sedangkan, pengujian hipotesis
menggunakan analisis regresi berganda dan moderated regression analysis.
Kesimpulan dari penelitian ini : Costumer dissatisfaction berpengaruh positif
terhadap brand switching. Sales Promotion berpengaruh positif terhadap brand
switching. Variety Seeking memoderasi pengaruh costumer dissatisfaction terhadap
brand switching secara partially moderated.
Kata Kunci: Costumer Dissatisfaction, Sales Promotion, Variety Seeking, dan Brand
Switching


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.