PENGARUH PERLUASAN MEREK TERHADAP MINAT BELI PADA PRODUK XIAOMI MI TV A4 32 DI PURWOREJO

Sistra Putri Utami

Abstract


Pemasaran memerlukan strategi untuk membuat merek semakin berkembang salah satunya
adalah perluasan merek. Strategi ini dinilai akan lebih efektif dan lebih efisien karena memanfaatkan
image merek produk sebelumnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh variabel
similarity, reputation, perceived risk, dan innovativeness terhadap minat beli konsumen pada produk
Xiaomi Mi TV A4 32 di Purworejo.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah menggunakan dan memiliki produk
handphone Xiaomi di Purworejo. Peneliti menggunakan sampel sebanyak 100 responden yaitu yang
pernah menggunakan produk handphone Xiaomi, belum memiliki dan berminat untuk membeli Xiaomi
Mi TV A4 32 di Kota Purworejo. Sampel penelitian diambil secara non probability dengan metode
purposive sampling. Penelitian ini menggunakan desain penelitian survei yang dibagikan langsung
kepada pengguna handphone Xiaomi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan
skala likert. Instrumen utama yang digunakan untuk memperoleh data adalah kuesioner secara
sistematis berisi beberapa pernyataan yang diberikan kepada responden, yang memenuhi syarat
validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linier berganda.
Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel similarity, reputation,
perceived risk, dan innovativeness berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap minat
beli.
Kata kunci: similarity, reputation, perceived risk, innovativeness, dan Minat Beli


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.