PENGARUH ENVIRONMENTAL CONCERN TERHADAP GREEN PURCHASE INTENTION YANG DIMEDIASI OLEH ENVIRONMENTAL ATTITUDE (Studi pada Konsumen Produk Ramah Lingkungan di Universitas Muhammadiyah Purworejo)

Ria Fatmawati

Abstract


Pesatnya perkembangan industri di Indonesia yang tidak diikuti kepedulian terhadap lingkungan dapat berdampak pada meningkatnya pemanasan global. Langkah awal upaya yang dapat dilakukan adalah menyadari berbagai peluang untuk mengurangi dampak pemanasan global. Konsumen yang menghargai alam dan lingkungan akan cenderung megembangkan sikap positif terhadap produk yang mendukung perlindungan lingkungan, mendaur ulang, dan membeli serta menggunakan produk ramah lingkungan. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menguji: 1) Pengaruh environmental concern terhadap green purchase intention, (2) Pengaruh environmental concern terhadap environmental attitude, (3) Pengaruh environmental attitude terhadap green purchase intention, (4) Pengaruh environmental concern terhadap green purchase intention yang dimediasi oleh environmental attitude.
Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah konsumen produk ramah lingkungan di Universitas Muhammadiyah Purworejo. Cara pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 120 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan pilihan jawaban model Likert Scale yang telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Sedangkan, pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi.
Kesimpulan dari penelitian ini : Environmental concern berpengaruh positif terhadap green purchase intention. Environmental concern berpengaruh positif terhadap environmental attitude. Environmental attitude berpengaruh positif terhadap green purchase intention. Environmental attitude memediasi pengaruh environmental concern terhadap green purchase intention secara partially mediated.
Kata kunci: environmental concern, green purchase intention, dan environmental attitude


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.