PENGARUH EFEKTIVITAS IKLAN & DAYA TARIK IKLAN TERHADAP PERPINDAHAN MEREK PADA KONSUMEN DARI LUAR MEREK SHAMPO PANTENE KE MEREK SHAMPO PANTENE DI PURWOREJO

Pury Gery Nendy

Abstract


Saat ini persaingan di dunia bisnis semakin kompetitif, persaingan tersebut dapat dilihat dari
makin banyak variasi produk yang diluncurkan oleh perusahaan agar dapat mempertahankan
eksistensinya di dunia usaha. TV merupakan salah satu media yang dapat digunakan mengiklan
produk suatu perusahaan. Iklan melalui televisi mempunyai dua segmen dasar yaitu penglihatan
(visual) dan pendengaran (audio), misalnya kata-kata, musik, atau suara lain. Peningkatan minat
masyarakat terhadap periklanan dipengaruhi oleh faktor-faktor 1) kreativitas iklan, 2) efektivitas
Iklan dan 3) daya tarik iklan.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh efektivitas iklan dan daya tarik iklan
terhadap perpindahan merek pada Shampo Pantene. Objek penelitian ini adalah Shampo Panten.
Populasi penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan Shampo Pantene di Purworejo. Sampel
dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.
Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang masing-masing
sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan
regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel efektivitas iklan dan daya
tarik iklan berpengaruh terhadap perpindahan merek pada Shampo Pantene di Purworejo.
Kata kunci : efektivitas iklan, daya tarik iklan, dan perpindahan merek


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.