PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP SEMANGAT KERJA (Studi Pada Pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen)

Novri Puspitasari

Abstract


Penelitian ini dilakukan di Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen sebagai unsur pelaksana bidang pembangunan pendidikan di Kabupaten Kebumen. Berkaitan dengan sumber daya manusia permasalahan yang dihadapi adalah bagaimana cara meningkatkan semangat kerja pegawai. Berkaitan dengan hal ini, semangat kerja muncul karena adanya gaya kepemimpinan dan lingkungan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh: (1) Gaya kepemimpinan terhadap semangat kerja pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen, (2) Lingkungan kerja terhadap semangat kerja pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen yang berstatus PNS yaitu berjumlah 102 pegawai. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling dengan kriteria pegawai yang bukan merupakan pimpinan lembaga dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan alternatif pilihan jawaban menggunakan skala Likert yang terdiri dari lima pilihan jawaban. Kuesioner telah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian dilakukan dengan analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa Gaya kepemimpinan berpengaruh positif terhadap semangat kerja. Lingkungan kerja berpengaruh positif terhadap semangat kerja.
Kata kunci: Gaya Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, dan Semangat Kerja


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.