PENGARUH KONSEP DIRI, TEMAN SEBAYA, DAN BUDAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF (Studi pada Konsumen Kosmetik Wardah di Universitas Muhammadiyah Purworejo)

Novita Suryanti

Abstract


Kosmetik merupakan kebutuhan harian yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat terutama kaum wanita yang ingin berpenampilan cantik dan menarik. Remaja merupakan salah satu contoh yang paling mudah terpengaruh dengan pola konsumsi yang berlebihan, mempunyai orientasi yang kuat untuk mengkonsumsi suatu produk dan tidak berpikir hemat. Selain itu salah satu yang mempengaruhi remaja berperilaku konsumtif yaitu konsep diri, teman sebaya dan budaya. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh: (1) Konsep Diri terhadap Perilaku Konsumtif; (2) Teman Sebaya terhadap Perilaku Konsumtif; (3) Budaya terhadap perilaku konsumtif konsumen di Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Penelitian ini menggunakan survei dengan cara membagikan kuesioner secara langsung terhadap responden. Populasi penelitian ini adalah mahasiswi Universitas Muhammadiyah Purworejo. Sampel yang diambil adalah 120 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Instrumen utama yang digunakan untuk memperoleh data adalah kuesioner yang disusun secara sistematis berisi beberapa pernyataan yang diberikan terhadap responden yang telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan Analisis Regresi Liniear Berganda.
Hasil analisis regresi liniear berganda menunjukkan bahwa konsep diri, teman sebaya dan budaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif secara parsial.
Kata Kunci : Konsep Diri, Teman Sebaya, Budaya dan Perilaku Konsumtif


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
barbartoto barbartoto situs toto scatter hitam slot gacor barbartoto slot demo barbartoto