PENGARUH IKLAN TELEVISI DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP MINAT BELI (Studi pada Iklan Krim Pemutih Wajah Garnier di Purworejo)

Nining Supriyatin

Abstract


Pertumbuhan bisnis kosmetik seperti krim pemutih wajah yang semakin besar
menuntut perusahaan mengembangkan strategi pemasarannya untuk menarik minat
konsumen. Salah satu faktor yang dapat digunakan untuk menarik minat beli konsumen
yaitu dengan menggunakan iklan televisi yang merupakan alat pemasaran modern yang
paling efektif untuk merebut hati konsumen. Begitu pula dengan penggunaan celebrity
endorser yang berperan sebagai juru bicara produk/merek agar cepat melekat di benak
konsumen yang juga menjadi pendukung dalam menimbulkan minat beli. Penelitian ini
bertujuan untuk: 1) menguji pengaruh iklan televisi terhadap minat beli, 2) menguji
pengaruh celebrity endorser terhadap minat beli.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perempuan di Purworejo yang sering
melihat iklan krim pemutih wajah Garnier di televisi, sedang sampel yang digunakan
adalah 150 responden dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data pada
penelitian ini menggunakan kuesioner yang diisi oleh pihak yang memenuhi persyaratan
sampel penelitian. Kuesioner telah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan
reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi berganda dan pengujian hipotesis.
Hasil analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa
iklan televisi dan celebrity endorser berpengarug positif dan signifikan terhadap minat beli
secara parsial.
Kata kunci: iklan televisi, celebrity endorser, minat beli


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.