PENGARUH INOVASI PRODUK KEUANGAN TERHADAP PANGSA PASAR DENGAN EFISIENSI OPERASIONAL SEBAGAI VARIABEL MODERATOR (Studi Kasus Pada PT BCA Tbk Tahun 2010-2017)

Maharani Suryaningrum

Abstract


Pada tahun 2007, PT BCA Tbk mengklaim sebagai pilar perbankan transaksi di Indonesia. Kemudian pada tahun 2010, BCA berfokus untuk memperkuat bidang perbankan transaksi dengan berbagai investasi demi memperkokoh lini tersebut secara berkesinambungan. Salah satu investasi yang dilakukan oleh BCA yaitu, dengan melakukan penelitian serta pengembangan produk guna menyediakan produk keuangan yang dapat memenuhi keinginan pasar serta dapat mengefisienkan kegiatan operasional bank.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh inovasi produk keuangan terhadap pangsa pasar bank dengan memasukkan efisiensi operasional sebagai variabel moderator penelitian. Inovasi produk keuangan diukur dengan biaya penelitian dan pengembangan, efisiensi operasional diukur dengan rasio BOPO, dan pangsa pasar diukur dengan pendapatan non bunga (Non Interest Income).
Populasi penelitian ini adalah semua bank umum yang ada di Indonesia hingga tahun 2017. Penelitian ini menggunakan PT BCA Tbk sebagai sampel penelitian dengan dengan beberapa pertimbangan yaitu: (1) Pangsa pasar BCA periode 2010-2017 di atas 5% (2) Selama periode penelitian, BCA secara konsisten melakukan pengembangan terhadap produk-produk keuangannya. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Analisis data menggunakan metode Moderated Regression Analysis (MRA).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Inovasi produk keuangan tidak berpengaruh terhadap pangsa pasar bank; (2) Efisiensi operasional tidak berpengaruh terhadap pangsa pasar bank; (3) Efisiensi operasional tidak memperkuat pengaruh inovasi produk keuangan terhadap pangsa pasar bank.
Kata kunci: pangsa pasar, inovasi produk keuangan, efisiensi operasional


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.