PENGARUH MOTIVASI BELANJA HEDONIK TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF (STUDI PADA KONSUMEN HARTONO MALL YOGYAKARTA)

Fiqil Sulistiyo

Abstract


Banyaknya peritel yang ada saat ini memicu persaingan sehingga banyak peritel yang memberikan berbagai penawaran yang dapat berpengaruh terhadap pembelian impulsif. Keputusan pembelian impulsif dapat dipengaruhi oleh motif belanja hedonik, yang terdiri dari adventure shopping, social shopping, gratification shopping, idea shopping, role shopping, dan value shopping. Oleh sebab itu, tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk menguji pengaruh adventure shopping, social shopping, gratification shopping, idea shopping, role shopping, dan value shopping terhadap pembelian impulsif konsumen Hartono Mall Yogyakarta secara parsial. Populasi penelitian ini adalah konsumen Hartono Mall Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 130 responden yang ditentukan menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. Instrumen telah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda.
Hasil regresi linear berganda dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel adventure shopping, social shopping, gratification shopping, idea shopping, role shopping, dan value shopping berpengaruh positif dan signifikan terhadap konsumen Hartono Mall Yogyakarta.
Kata kunci : adventure, social, gratification, idea, role, value dan pembelian impulsif


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.