PENGARUH PERCEIVED HUMOR, HUMOR TYPE, DAN HUMOR STYLE TERHADAP EFEKTIFITAS IKLAN (Studi Pada Pemirsa Iklan Televisi Sprite Di Purworejo)

Feti Ayuningmas

Abstract


Persaingan bisnis di era globalisasi yang semakin ketat mengharuskan perusahaan ataupun produsen untuk semakin pandai dalam mengatur strategi pemasaran yang efektif agar produk yang mereka tawarkan dapat diterima oleh konsumen. Strategi pemasaran yang banyak digunakan saat ini adalah melalui promosi iklan televisi. Agar sebuah iklan dapat menarik perhatian konsumen, maka diperlukan daya tarik (appeals). Ada banyak daya tarik yang dapat digunakan dalam sebuah iklan. Daya tarik humor juga digunakan oleh banyak pengiklan, karena dianggap cukup efektif untuk menarik perhatian, menyempurnakan kesukaan, baik terhadap iklan maupun merek yang diiklankan. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh perceived humor, humor type dan humor style secara parsial terhadap efektifitas iklan televisi Sprite di Purworejo.
Populasi pada penelitian ini adalah konsumen yang pernah melihat tayangan iklan televisi Sprite versi Cak Lontong di Purworejo. Peneliti ini menggunakan metode sampel non probabilitas dengan teknik purposive sampling, dan sampel yang digunakan sebanyak 150 orang. Sedangkan, pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: perceived humor memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap efektifitas iklan televisi produk Sprite, humor type memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap efektifitas iklan televisi produk Sprite dan humor style memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap efektifitas iklan televisi produk Sprite. Dengan demikian seluruh hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini terbukti dan dapat diterima.
Kata kunci: Perceived humor, Humor type, Humor style, Efektifitas iklan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.