PENGARUH KONFORMITAS DAN HARGA DIRI TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN KOMPULSIF PRODUK KOSMETIK WARDAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konformitas dan harga diri terhadap perilaku pembelian kompulsif produk kosmetik wardah. Perilaku kompulsif merupakan ketergantungan seseorang terhadap produk atau jasa dan merupakan perilaku belanja yang dilakukan secara berulang dan berlebihan yang dianggap sebagai penangkal ketegangan, kecemasan, depresi, atau kebosanan sehingga produk atau jasa tersebut dapat memberikan kepuasan dan dianggap dapat memecahkan permasalahan yang sedang terjadi.
Sampel dalam penelitian ini berjumlah 150 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dinilai dengan skala Likert yang masing-masing sudah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan realibilitas. Analisis data menggunakan regresi linear berganda.
Hasil analisis linear berganda menunjukkan bahwa konformitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pembelian kompulsif dan harga diri berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku pembelian kompulsif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa konformitas dan harga diri secara signifikan memiliki pengaruh terhadap perilaku pembelian kompulsif.
Kata kunci: Konformitas, harga diri dan perilaku pembelian kompulsif
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.