PENGARUH GAYA HIDUP TERHADAP GREEN CONSUMERS (Survei Pada Konsumen Sariayu Martha Tilaar di Purworejo)
Abstract
Gaya hidup dengan menggunakan kosmetik dari bahan alami yang relatif lebih aman diharapkan menjadi sebuah tren baru masyarakat dunia dibandingkan kosmetik dari bahan kimia sintetik. Perilaku konsumen yang sadar lingkungan dipengaruhi oleh gaya hidup (lifestyle) dan nilai-nilai lingkungan (environmental values) yang melekat pada diri konsumen. Konsumen yang memperhitungkan dampak lingkungan pada pola konsumsi mereka dan mau mengubah perilaku pembelian mereka dianggap sebagai green consumers. Aspek gaya hidup meliputi aktivitas, minat dan opini yang akan menjadi tolak ukur dalam penentuan keputusan pembelian green product.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menguji pengaruh aktivitas terhadap green consumers, 2) menguji pengaruh minat terhadap green consumers, 3) menguji pengaruh opini terhadap green consumers.
Populasi dalam penelitian adalah semua konsumen yang menggunakan kosmetik Sariayu Martha Tilaar di Purworejo, sedangkan sampel yang digunakan adalah 140 responden dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Instrumen utama yang digunakan untuk memperoleh data adalah kuesioner yang disusun secara sistematis berisi beberapa pernyataan yang diberikan kepada responden yang telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Dalam menguji hipotesis menggunakan regresi linier berganda.
Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa aktivitas, minat dan opini berpengaruh positif dan signifikan terhadap green consumers secara parsial.
Kata kunci: aktivitas, minat, opini, green consumers
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.