PENGARUH PERSONALITY TRAITS DAN WEBSITE QUALITY TERHADAP ONLINE IMPULSE BUYING (Studi pada Konsumen Shopee Indonesia)

Arofatul Laila

Abstract


Kehadiran teknologi internet yang memberi manfaat komunikasi tanpa batas membuat pengguna internet akan mudah dalam memperbesar jaringan pemasaran sebuah produk yang menyebabkan semakin tingginya pertumbuhan pengguna internet. Banyak hal baru yang ditimbulkan dari perkembangan internet tersebut, salah satunya adalah pasar online. Banyak hal baru yang ditimbulkan dari perkembangan internet, salah satunya adalah pasar online. Berbelanja melalui internet (online) telah menjadi alternatif tersendiri bagi konsumen untuk melakukan transaksi jual beli. Salah satu marketplace yang cukup populer adalah Shopee Indonesia (www.shopee.co.id/). Maraknya jual beli online mendorong konsumen untuk menggunakan marketplace yang ada dengan mengunjungi website toko online dan pada akhirnya dapat menimbulkan online impulse buying. Online impulse buying dapat terjadi karena dorongan dari personality traits dan website quality.
Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh personality traits dan website quality terhadap online impulse buying konsumen Shopee Indonesia. Penelitian ini menggunakan desain penelitian survei terhadap responden dengan cara membagikan kuesioner terhadap konsumen Shopee Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen Shopee Indonesia. Sampel yang diambil 120 responden dengan kriteria individu yang pernah membeli produk di Shopee Indonesia dan memiliki batas usia minimal 17 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Instrumen utama yang digunakan untuk memperoleh data adalah kuesioner yang disusun secara sistematis berisi beberapa pernyataan yang diberikan kepada responden yang telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Dalam menguji hipotesis menggunakan regresi linear berganda.
Hasil analisis regresi berganda dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel personality traits (X1) dan website quality (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap online impulse buying (Y) secara parsial.
Kata Kunci : Personality Traits, Website Quality, dan Online Impulse Buying


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.