PENGARUH PRODUCT FEATURE, BRAND NAME, PRODUCT PRICE, DAN SOCIAL INFLUENCE TERHADAP PURCHASE INTENTION SMARTPHONE XIAOMI DI PURWOREJO
Abstract
Smartphone saat ini bukan hanya menjadi alat telekomunikasi, tetapi fungsinya menjadi lebih luas seperti mencari dan berbagi informasi baik untuk tujuan personal maupun bisnis. Peranannya yang penting dalam kehidupan masyarakat menjadikan smartphone menjadi bagian yang tidak dapat lepas dari setiap aktivitas individu saat ini. Di Indonesia, Xiaomi berniat menguasai pasaran smartphone Tanah Air dalam waktu beberapa tahun ke depan. Namun, tentunya hal tersebut harus disikapi dengan matang karena hingga saat ini berbagai merek smartphone dari berbagai negara telah beredar dipasaran dan siap menjadi pesaing Xiaomi. Oleh sebab itu, para pelaku usaha dan pemasar smartphone, khususnya pihak Xiaomi, harus memiliki strategi agar konsumen memiliki purchase intention pada produk yang dipasarkannya.Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh product feature terhadap purchase intention, pengaruh brand name terhadap purchase intention, pengaruh product price terhadap purchase intention, pengaruh social influence terhadap purchase intention.
Populasi penelitian ini adalah semua individu yang memiliki keinginan untuk membeli produk smartphone Xiaomi di Kota Purworejo. Penelitian ini menggunakan metode sampel non probabilitas dengan teknik purposive sampling sebanyak 130 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang telah diujicoba dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pada penelitian ini untuk menguji hipotesis menggunakan analisis regresi berganda.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka disimpulkan product feature berpengaruh positif terhadap purchase intention, brand name berpengaruh positif terhadap purchase intention, product price berpengaruh positif terhadap purchase intention, dan social influence berpengaruh positif terhadap purchase intention.
Kata kunci : product feature, brand name, product price, social influence, purchase intention
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.