PENGARUH HEDONIC SHOPPING VALUE TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN SHOPPING LIFESTYLE DAN POSITIVE EMOTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Konsumen Mal Malioboro Yogyakarta)

Anita Veronika

Abstract


Ritel modern dapat ditemukan hampir disetiap sudut kota. Meskipun demikian,
secara umum kinerja perdagangan ritel juga belum kuat. Peralihan dari perdagangan
offline ke online menjadi tantangan yang harus dihadapi pelaku usaha perdagangan ritel.
Oleh sebab itu, para pelaku usaha ritel harus memiliki strategi yang tepat dalam meraih
konsumen, dengan harapan keputusan pembelian konsumen akan meningkat,
khususnya berkaitan dengan impulsive buying (pembelian impulsif). Penelitian ini
disusun untuk menguji pengaruh: 1) hedonic shopping value terhadap impulse buying, 2)
hedonic shopping value terhadap shopping lifestyle, 3) hedonic shopping value terhadap
positive emotion, 4) shopping lifestyle terhadap impulse buying, 5) positive emotion
terhadap impulse buying, 6) shopping lifestyle dalam memediasi pengaruh hedonic
shopping value terhadap impulse buying, dan 7) positive emotion dalam memediasi
pengaruh hedonic shopping value terhadap impulse buying.
Populasi pada penelitian ini adalah konsumen Mal Malioboro Yogyakarta.
pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling
dengan sampel sebanyak 100 responden. Pengujian hipotesis menggunakan analisis
hierarchical regression procedures.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) hedonic shopping value berpengaruh
positif terhadap impulse buying, 2) hedonic shopping value berpengaruh positif terhadap
shopping lifestyle, 3) hedonic shopping value berpengaruh positif terhadap positive
emotion, 4) shopping lifestyle berpengaruh positif terhadap impulse buying, 5) positive
emotion berpengaruh positif terhadap impulse buying, 6) shopping lifestyle dapat
memediasi pengaruh hedonic shopping value terhadap impulse buying, dan 7) positive
emotion dapat memediasi pengaruh hedonic shopping value terhadap impulse buying.
Kata kunci : hedonic shopping value, impulse buying, shopping lifestyle, positive
emotion.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
barbartoto barbartoto situs toto scatter hitam slot gacor barbartoto slot demo barbartoto