PENGARUH FAMILY TYPES, FAMILY STAGES DAN HOUSEHOLD CONFLICT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada konsumen televisi di Kebumen)
Abstract
Salah satu modal dalam pencapaian keberhasilan bagi perusahaan atau pemasar adalah pemahaman akan konsumenya. Selain pengetahuan yang mendasar tentang konsumen, yaitu jawaban tentang mengapa mereka membeli dan bagaimana mereka membeli produk. Keputusan pembelian konsumen untuk membeli atau tidak suatu produk dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah keluarga yang merupakan sumber pengaruh dan bahkan penentu dalam perilaku konsumen belum lagi peranan keluarga sendiri sebagai agen sosialisasi. Hal ini menjadi langkah penting dalam memahami perilaku konsumen untuk menganalisis strategi yang akan digunakan oleh perusahaan. Salah satu perilaku konsumen dapat dianalisis dengan memahami family types, family stages dan household conflict dan pengaruhnya pada keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh family types, family stages dan household conflict terhadap keputusan pembelian konsumen televisi di Kebumen.
Populasi penelitian ini adalah semua konsumen televisi di Kebumen. Sampel yang diambil adalah 130 responden dengan kriteria responden merupakan keluarga yang pernah membeli televisi di Kebumen. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Instrumen utama yang digunakan untuk memperoleh data adalah kuesioner yang disusun secara sistematis berisi beberapa pernyataan yang diberikan terhadap responden yang telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis regresi liniear berganda.
Hasil analisis regresi liniear berganda menunjukkan bahwa family types, family stages dan household conflict berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian secara parsial.
Kata Kunci :Family Types, Family Stages, Household Conflict dan Keputusan Pembelian.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.