PENGARUH KONTEN PESAN IKLAN TERHADAP SIKAP KONSUMEN PADA SMS ADVERTISING

ANDINI APRIANTI

Abstract


Pada era modern ini, teknologi mengalami kemajuan yang sangat pesat. Banyak produkproduk
berteknologi tinggi yang telah diciptakan dari kemajuan tersebut. Kemajuan teknologi
dan perubahan perilaku konsumen memunculkan berbagai variasi media baru untuk
mengiklankan produk pada konsumen. Salah satu cara baru dalam mengiklankan produk adalah
menggunakan pesan singkat (SMS) melalui telepon seluler (ponsel).
Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Konten Pesan Iklan Terhadap Sikap
Konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat gombong. Sedangkan teknik
pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan Sampel sebanyak 100
responden. Metode pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Metode analisis yang
digunakan adalah regresi linier berganda. Data yang digunakan adalah data primer yang
dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Uji instrument yang digunakan adalah correlation
dan cronbach’s alpha untuk menguji validitas dan reliabilitas, menujukkan bahwa item valid dan
reliabel. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa : 1) Entertainment berpengaruh positif dan
signifikan terhadap sikap konsumen, 2) Informativeness berpengaruh positif dan signifikan
terhadap sikap konsumen, 3) Irritation berpengaruh negative dan signifikan terhadap sikap
konsumen, 4) Credibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap konsumen.
Kata Kunci: Entertainment, Informativeness, Irritation, Credibility, Sikap Konsumen.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.