PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN EKUITAS MEREK SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI (studi pada produk sepatu merek Nike)

Ahmad Nasikhudin

Abstract


Berkembangnya sarana-sarana olahraga dan kesadaran masyarakat akan pentingnya olahraga menjadi peluang yang besar bagi perusahaan di industri olahraga. Perusahaan-perusahaan dalam bidang ini berlomba-lomba memberikan kepuasan dan kualitas produk yang baik agar dapat menumbuhkan ketertarikan konsumen sehingga dapat memunculkan minat beli pada diri calon konsumen. Tetapi fenomena yang terjadi saat ini, dalam menentukan minat beli, konsumen seringkali hanya mengikuti tren dari tokoh atau influencer yang mereka sukai, kebanyakan konsumen cenderung membeli produk karena produk tersebut sedang digemari dan hanya digunakan untuk meningkatkan nilai prestis yang mereka miliki tanpa melihat fungsi bahkan dari mana produk tersebut berasal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji 1) Pengaruh country of origin terhadap purchase intention, 2) Pengaruh country of origin terhadap ekuitas merek, 3) Pengaruh ekuitas merek terhadap purchase intention, 4) Pengaruh country of origin terhadap purchase intention yang dimediasi oleh ekuitas merek.
Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Purworejo yang mengetahui merek Nike. Teknik pengambilan sampel menggunakan judgment sampling dengan jenis purposive sampling, sampel sebanyak 120 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert yang diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah hierarchical regression analysis.
Hasil penelitian ini menunjukkan: Country of origin berpengaruh positif terhadap purchase intention. Country of origin berpengaruh positif terhadap ekuitas merek. Ekuitas merek berpengaruh positif terhadap purchase intention. Ekuitas merek memediasi pengaruh country of origin terhadap purchase intention secara partially mediated.
Kata kunci: Country of Origin, Purchase Intention, dan Ekuitas Merek.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.