MEDIA E-BOOK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI

Deka Intan Kurniasih, Baedhowi Baedhowi, Sudiyanto Sudiyanto

Abstract


Abstrak: Pada era digital seperti saat ini, penggunaan media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi sangat membantu proses pembelajaran, siswa dapat dengan mudah mencari sumber belajar dengan tidak menjadikan guru sebagai sumber belajar satu-satunya. Namun, kenyataannya terdapat sekolah dengan fasilitas komputer yang memadai tetapi sumber belajarnya masih mengacu pada buku teks. Agar pembelajaran dapat memanfaatkan berbagai perkembangan teknologi sebagai sumber belajar yang beragam, maka perlu adanya media pembelajaran e-booksehingga hasil belajar siswa dapat berjalan lebih optimal. Mata pelajaran ekonomi adalah cabang ilmu sosial yang terus-menerus mengalami perkembangan, sehingga dibutuhkan media yang mengupdate berita terkini untuk mempermudah siswa dalam belajar.Proses pembelajaran dibutuhkan model pembelajaran yang tepat untuk mengimbangi penggunaan media e-book. Dalam kurikulum 2013, Problem Based Learning (PBL) adalah model pembelajaran yang diterapkan sebagai salah satu cara agar siswa berpikir untuk memecahkan suatu permasalahan yang terjadi. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sangat cocok diterapkan dalam pembelajaran ekonomi dengan dihadirkannya berbagai kasus sosial yang terjadi saat ini, siswa terbiasa berpikir dalam memecahkan masalah dan memberikan solusi terbaik dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.Metode penelitian dilakukan menggunakan studi literatur dengan mengkaji penelitian terdahulu yang relevan, dan bertujuan untuk melihat pengaruh dari penggunaan media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi. Berdasarkan penelitian ini diketahui bahwa penggunaan media E-Book berbasis Problem Based Learning sangat efektif dalam pembelajaran ekonomi.

Kata Kunci: Media E-Book, Problem Based Learning (PBL), Ekonomi.


Full Text: PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.