PENTINGNYA PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI PERILAKU PENGELOLAAN KEUANGAN PADA SISWA SMA DAN SMK DI SURAKARTA

Lutfiah Endah Damayanti, Susilaningsih Susilaningsih, Mintasih Indriayu

Abstract


Abstrak; Kemajuan teknologi merupakan salah satu ciri semakin pesatnya arus globalisasi dalam kehidupan di abad 21 saat ini. Seiring berkembangnya zaman diharapkan semakin berkualitas pula SDM agar mampu bersaing di tengah tantangan global. Fenomena yang nampak saat ini adalah semakin mudahnya akses teknologi dan komunikasi sehingga mempermudah setiap orang memenuhi kebutuhannya, sehingga hal tersebut memunculkan perilaku konsumtif di kalangan masyarakat khususnya di kalangan remaja era millenial. Survei The World Bank (2015) tentang literasi keuangan menunjukkan Indonesia masih berada di posisi yang tergolong rendah diantara negara tetangga, khususnya di tingkat usia remaja. Rendahnya tingkat literasi keuangan di tingkat remaja menunjukkan bahwa masih kurangnya kesadaran generasi muda saat ini terhadap pengelolaan keuangan. Berdasarkan hasil observasi pada siswa SMA/SMK Negeri di Surakarta pada tahun 2018 diketahui bahwa banyak siswa yang sering berperilaku konsumtif dikarenakan pengaruh social media. Makalah ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya penguatan nilai karakter melalui perilaku pengelolaan keuangan pada remaja di era digital.  Metode penelitian dilakukan dengan studi literatur dan teknik pengumpulan data dengan wawancara serta observasi. Berdasarkan penelitian ini dapat diketahui bahwa penanaman nilai karakter kemandirian dan tanggungjawab dapat dilakukan melalui perilaku pengelolaan keuangan yang baik pada remaja generasi millenial sebagai bentuk pengendalian diri untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik.

 

Kata Kunci : Pendidikan karakter, Nilai karakter, Pengelolaan Keuangan.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/suryaedunomics.v3i1.5636

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.