STRATEGI PENINGKATAN SOFT SKILL SISWA SMK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFE TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISIONS) PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN

Anita Rinawati, Fazlur Rahman Alfarizi

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah melalui strategi pembelajaran STAD (Student Teams Achivement Divisions) dapat meningkatkan Soft Skill siswa. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X C TP (Teknik Permesinan)  SMK TKM Purworejo, dengan jumlah siswa 33 orang. Objek penelitian ini adalah peningkatan Soft Skill menggunakan strategi pembelajaran Student Teams Achivement Divisions. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari observasi, tes, dokumen dan catatan lapangan. Penggunaan strategi pembelajaran Student Teams Achivement Divisions pada mata pelajaran Kewirausahaan dapat meningkatkan Soft Skill siswa kelas X C TP SMK TKM Purworejo. Hasil ini didukung data kualitatif yang menunjukkan bahwa rerata presentase Soft Skill siswa pada pra siklus sebesar 64,30%, pada siklus I meningkat  menjadi 67,24% dan pada siklus II meningkat menjadi 71,42%.

Kata kunci : Soft Skill, Student Teams Achivement Divisions, Mata Pelajaran Kewirausahaan.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/suryaedunomics.v1i01.4383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.