Kemampuan mahasiswa keguruan dalam pengembangan perangkat pembelajaran dimasa pandemi Covid -19

Sriyono Sriyono, Wharyanti Ika Purwaningsih, Riawan Yudi Purwoko, Basuki Basuki

Abstract


Perangkat pembalajaran yang meliputi Prota, Promes, RPP serta instrumen penilaian merupakan alat yang harus disiapkan oleh pendidik sebelum mereka melaksanakan pembelajaran. Bagi calon pendidik, kemampuan mengembangkan perangkat pembelajaran merupakan hal penting yang harus dikuasai sebagai syarat untuk menjadi pendidik profesional. Penelitian deskriptif kuantitatif ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa program studi pendidikan (calon guru) dalam pengembangan perangkat pembelajaran di masa pendemi covid-19. Sampel penelitian sebanyak 230 mahasiswa yang diambil secara random dari mahasiswa FKIP yang sedang menggambil mata kuliah magang II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa dalam mengembangkan perangkat pembelajaran di masa pendemi covid-19 dengan kriteria sangat baik. Kemampuan mahasiswa dalam mengembangkan Prota dan Promes sangat baik , berturut-turu dengan skor 18.16 (90,8 %) dan 17.77 (88.83 %). Pada pengembangan RPP mahasiswa telah memiliki kemampuan sangat baik denganskor 34.91 (87,28 %), sedangkan dalam pengembangan instrumen penilaian kriteria baik dengan dengan skor 16.87 dan persentase 84.35.


Keywords


Perangkat pembelajaran; RPP; Covid-19

Full Text:

PDF

References


Depdiknas, (2010). Juknis Pengembangan Bahan Ajar SMA. Jakarta: Direktorat Pembinaaan SMA

Fadlilah, M. (2016). Desain Pembelajaran PAUD, Jogyakarta: Ar Ruzz Media. 134

Hobri. (2010). Metodologi Penelitian Pengembangan [Aplikasi Pada penelitian Pendidikan Matematika]. Jember: Pena Salsabila

Sutikno, M.S. (2009). Pengelolaan Pendidikan: Tinjauan Umum dan Konsep Islami. Bandung: Prospect. , h. 47.

Maria, E., & Sediyono, E. (2017). Pengembangan Model Manajemen Pembelajaran Berbasis Tik Di Sekolah Dasar. Jurnal Kelola UKSW, 4(1), 59–71.

Novalita, R. (2014). Pengaruh Perencanaan Pembelajaran Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran (Suatu Penelitian terhadap Mahasiswa PPLK Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Almuslim). Lentera, 14(2), 56–61.

Peratan Pemerintah No. 13 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Pemerintah No 5 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Salhah . (2017). Perencanaan pembelajaran pada anak usia dini. An-Nahdhah, 10 (20).

Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 4 tahun 2020 tentang Pelaksanaan kebijakan ppendidikan dalam masa darurat penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19)

Prasetyo, Z. K. et. al. (2011): Workshop Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas serta Menerapkan Konsep Ilmiah Siswa SMP. Laporan Kegiatan PPM : UNY.

Prilanita, Y. N. & Sukirno. (2017). Peningkatan Keterampilan Bertanya Siswa Melalui Faktir Pembentuknya. Jurnal Cakrawala Pendidikan No. 2, 244-254.

Purwoko, R. Y, (2018). Urgensi Pedagogicalcontent Knowledge Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 3 (2), 42-55

Rayuni, D. (2010). Manajemen Pembelajaran Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN ) 3 Palembang. TA’DIB, 15(1).

RY Purwoko. (2017). Analisis Kemampuan Content Knowledge Mahasiswa Calon Guru Matematika Pada Praktek Pembelajaran Mikro. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 3 (1), 55-65

Wijarini, F., & Ilmia, S. (2017). Analisis Keterampilan Mengajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Universitas BorneoTarakan




DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v7i2.7650

Refbacks

  • There are currently no refbacks.