Etnomatematika pada proses pewarnaan Batik Pekalongan
Abstract
Salah satu produk unggulan di Pekalongan adalah batik. Untuk mengenalkan kembali batik beserta nilai filosofinya kepada generasi muda dapat disisipkan pula dalam proses pembelajaran di sekolah. Namun dalam pembelajaran di sekolah tidak memuat mata pelajaran Batik secara khusus. Dengan demikian, muatan materi ini dapat pula disisipkan pada mata pelajaran lain sebagai contohnya dalam proses pembelajaran matematika. Sebenarnya matematika dan budaya memiliki hubungan yang erat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas-aktivitas matematika yang terdapat pada pewarnaan Batik Pekalongan. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan etnografi. Alat pengumpul data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Aktivitas-aktivitas matematika dalam pewarnaan Batik Pekalongan meliputi berhitung dan mengukur. Konsep matematis yang terdapat pada aktivitas tersebut yaitu perbandingan, membilang, kelipatan dan pembagian.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ajmain dkk. (2020). Implementasi Pendekatan Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika), 12 (1), 45 - 54
Astuti, E. P., Purwoko, R. Y., & Sintiya, M. W. (2019). Bentuk etnomatematika pada Batik Adipurwo dalam pembelajaran pola bilangan. Journal of Mathematics Science and Education, 1(2), 1-16.
Bishop, A. J. (1991). The symbolic technology called mathematics and its role in education. Bulletin de la Société mathématique de Belgique. Série A, 43 (3), 223-243.
Melisa, M., Widada, W., & Zamzaili, Z. (2019). Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Bengkulu untuk Meningkatkan Kognisi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4 (2), 103-110.
Nataegara, E.A dan Djaya, Jaya. (2019). Batik Indonesia. Jakarta Pusat: Yayasan batik Indonesia.
Supriono, P. (2016). Ensiklopedia The Heritage of Batik. Yogyakarta, Andi Offset, 2-3.
Pratiwi, Jhenny Windya; Pujiastuti, Heni. Eksplorasi etnomatematika pada permainan tradisional kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2020, 5.2: 1-12.
Purwoko, R. Y, (2018). Urgensi Pedagogicalcontent Knowledge Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 3 (2), 42-55
Putri, L. I. (2017). Eksplorasi etnomatematika kesenian rebana sebagai sumber belajar matematika pada jenjang MI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4 (1).
RY Purwoko, EP Astuti, MS Arti, Y Widiyono. (2019). Batik Nusantara Pattern In Design Of Mathematical Learning Model For Elementary School. Journal of Physics: Conference Series, 1254 (1), 012001
RY Purwoko. (2017). Analisis Kemampuan Content Knowledge Mahasiswa Calon Guru Matematika Pada Praktek Pembelajaran Mikro. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 3 (1), 55-65
Turmudi. (2018). Kajian Etnomatematika: Belajar Matematika Dengan Melibatkan Unsur Budaya. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia.
Zayyadi, M. (2018). Eksplorasi etnomatematika pada batik madura. Sigma, 2 (2), 36-40.
DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v7i2.7649
Refbacks
- There are currently no refbacks.