Peningkatan prestasi belajar materi dimensi tiga menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe NHT bagi siswa kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 8 Purworejo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar pada materi Dimensi Tiga siswa kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 8 Purworejo menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII MIPA 1 sebanyak 28 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar materi Dimensi Tiga. Indikator keberhasilan menggunakan KKM sebesar 70 dan target ketuntasan kelas 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan pretasi belajar matematika materi Dimensi Tiga siswa kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 8 Purworejo. Hasil tes menunjukkan rata rata nilai yang diperoleh dari prasiklus hingga siklus II, mengalami peningkatan pada prasiklus rata-rata sebesar 61 dan siklus I rata-rata sebesar 68 serta siklus II rata-rata sebesar 84. Dari data ini, tampak jelas bahwa terjadi kenaikan rata-rata nilai dari prasiklus ke siklus I sebesar 7 angka (10,29%), dari siklus I ke siklus II terjadi kenaikan sebesar 16 angka (23,53%), dari prasiklus ke siklus II terjadi kenaikan sebesar 23 angka (37,70%). Sedangkan jumlah siswa yang tuntas belajar juga mengalami kenaikan dari prasiklus sampai siklus II yaitu dari prasiklus 6 siswa dan siklus I menjadi 12 siswa serta siklus II menjadi 22 siswa. Tampak jelas bahwa dari tahap prasiklus ke siklus I prosentase ketuntasan belajar mengalami kenaikan sebesar 21,24%, dari siklus I ke siklus II terjadi kenaikan sebesar 35,71%, dan dari prasiklus ke siklus II terjadi kenaikan sebesar 57,71%. Dengan demikian, prestasi belajar siswa dalam pembelajaran materi luas daerah dari prasiklus hingga siklus II terjadi kenaikan yang signifikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto,Suharsimi. (2018). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis Bagi Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dalyono, M. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. (2003). Proses belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Isjoni, H. (2009). Pembelajaran Kooperatif : Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Lie, Anita. (2010). Cooperative Learning : Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang kelas. Jakarta : Grasindo.
Nur, Mohammad. (2005). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : Unesa - University Press.
Partini, Siti. (1990). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : FIS UNY.
Poerwadarminta, W.J.S. (1976). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Purwanto, Ngalim. (2009). Prinsip Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada MediaSchrage.
Subyantoro. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Unnes press.
Sudjana, Nana. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sukmadinata,Nana Syaodih. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning : Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Syah, Muhibbin. (2004). Psikologi Pendidikan Suatu pedekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Tim Penyusun.(2009). Himpunan Peraturan Perundang-undangan Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fokus Media.
DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v7i2.7585
Refbacks
- There are currently no refbacks.