Peningkatan hasil belajar Cahaya dan Alat Optik melalui Project Based Learning bagi peserta didik kelas VIII G SMP Negeri 3 Purworejo

Juniati Juniati

Abstract


Masalah penelitian ini adalah kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah belum sesuai harapan sehingga nilainya rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan  hasil belajar Cahaya  dan Alat Optik peserta didik melalui Project Based Learning. Penelitianndilaksanakan di SMP Negeri 3 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus dan tiap siklus terdiri dari 4 pertemuan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII G yang berjumlah 26 terdiri 12 putra dan 14 putri. Hasil penelitian menunjukkan  ada kenaikan nilai rata-rata dari  76,57 pada siklus I menjadi 85,23 pada siklus II dan ketuntasan belajar mencapai 88,48%. Disimpulkan bahwa pembelajaran dengan Project Based Learning pada konsep Cahaya dan Alat Optik dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII G SMP Negeri 3 Purworejo


Keywords


hasil belajar; cahaya dan alat optik; Project Based Learning

Full Text:

PDF

References


Amin, M. (1987). Mengajarkan Ilmu Pengetahuan Alam dengan Menggunakan Metode “Discovery” dan “Inquiry”. Jakarta: Depdikbud-Dirjen Dikti.

Baharudin & Esa Nur Wahyuni. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Dimyati & Mujiono, 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional dan Rineka Cipta.

Juniati. (2009), Penerapan Strategi Pembelajaran PROBEX untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik SMP Negeri 3 Purworejo, Jawa Tengah tahun 2007/2008 pada konsep kalor Jurnal Berkala Fisika Indonesia Terakreditasi (ISSN 2085-0409)

Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara

Pujianto (2010), ”Kolaborasi Project Based Learning dan Peer Teaching dalam Perkuliahan Teknologi Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Tentang Model Pembelajaran dan Ketrampilan Mengajar Calon Guru IPA (Science Teacher Candidat)”

Rusman. (2012). Model – Model Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Suprihatiningrum, J.(2017). Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Rosalina, S. (2014). Penggunaan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Penerapan Konsep Sifat-Sifat Cahaya pada siswa kelas V SD Negeri 01 Doplang tahun ajaran 2013/2014. , PGSD FKIP UNS

Warsito. (2010). Pembelajaran Sains Berbasis Proyek (Project Based Learning) Sebagai Usaha Untuk Menigkatkan Aktivitas dan Academik Skill Siswa Kelas VII C SMP Muhammadiyah 3 Depok ”. Skripsi

Marpaung, Y. (2002). Reformasi Pembelajaran Matematika dan Evaluasinya. Makalah Seminar Regional Pendidikan Matematika ”Problematika Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Matematika”. Surakarta: Program Pascasarjana UNS




DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v7i1.7330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Penerbit: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: lppm@umpwr.ac.id , jpse.umpwr@gmail.com , Telepon: 0275-321494

Indeks Abstrak: