Karakteristik Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama

Erni Puji Astuti, Supriyono Supriyono

Abstract


Pembelajaran matematika di sekolah hendaknya harus memperhatikan perkembangan intelektual siswa. Menurut teori perkembangan intelektual, siswa sekolah menengah pertama berada pada tahap operasional konkrit akhir dan mulai memasuki tahap operasional formal. Sehingga dalam pembelajaran matematika pada siswa sekolah menengah pertama akan lebih mudah dilakukan dengan menggunakan pengalaman budaya dari kehidupan sehari-hari siswa baik dalam aktivitasnya maupun lingkungannya (etnomatematika). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain karakteristik pelaksanaan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika pada siswa sekolah menengah pertama. Metode yang digunakan adalah telaah literatur. Adapun hasil desain karakteristik pelaksanaan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika untuk siswa sekolah menengah pertama yaitu: 1) Pendahuluan, pemberian apersepsi berupa tinjauan kritis terhadap budaya siswa yang relevan dengan materi matematika yang akan dipelajari serta menyampaikan kegunaan dan pengaplikasian materi ajar dalam kehidupan sehari-hari siswa sesuai dengan budaya siswa; 2) Inti, mengimplementasikan model, metode, media pembelajaran, pendekatan, dan sumber belajar dengan mengintegrasikan budaya baik budaya lokal maupun budaya non lokal ke dalam pembelajaran matematika yang relevan dengan materi yang dipelajari; dan 3) Penutup, melakukan refleksi dan evaluasi seluruh rangkaian proses pembelajaran berbasis etnomatematika dan hasil-hasil yang diperoleh serta memberikan umpan balik

Keywords


pembelajaran matematika; etnomatematika; aktivitas belajar

Full Text:

PDF

References


Astuti, E. P., Purwoko, R. Y., & Sintiya, M. W. (2019). BENTUK ETNOMATEMATIKA PADA BATIK ADIPURWO DALAM PEMBELAJARAN POLA BILANGAN. JOURNAL of MATHEMATICS SCIENCE and EDUCATION. https://doi.org/10.31540/jmse.v1i2.273

D’ambrosio, U. (1989). On ethnomathematics. Philosophia Mathematica. https://doi.org/10.1093/philmat/s2-4.1.3

D’Ambrosio, U. (2001). What is ethnomathematics, and how can it help children in schools? Teaching Children Mathematics.

D’Ambrosio, U. (2007). The role of mathematics in educational systems. ZDM - International Journal on Mathematics Education. https://doi.org/10.1007/s11858-006-0012-1

Goodchild, S. (2020). Book Review: The philosophy of mathematics education today. Paul Ernest (Ed.) (2018). Educational Studies in Mathematics, 103(1), 109–119. https://doi.org/10.1007/s10649-019-09919-1

Hsu, W.-M., Lin, C.-L., & Kao, H.-L. (2013). Exploring Teaching Performance and Students’ Learning Effects by Two Elementary Indigenous Teachers Implementing Culture-Based Mathematics Instruction. Creative Education, 04(10), 663–672. https://doi.org/10.4236/ce.2013.410095

Miftakhudin, Purwoko, R. Y., & Yuzianah, D. (2019). Integrasi Etnomatematika pada Pengembangan E -Modul dengan Pendekatan Saintifik Untuk Menstimulasi Berpikir Logis Siswa SMP. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika.

Munawwaroh, I. (2016). ETNOMATEMATIKA PADA TRANSAKSI JUAL BELI YANG DILAKUKAN PEDAGANG SAYUR DALAM MASYARAKAT MADURA DI PAITON PROBOLINGGO. ثبثبثب. https://doi.org/10.1109/ciced.2018.8592188

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics Overview. Journal of Equine Veterinary Science.

Oktafianti, R. I., Purwoko, R. Y., & Astuti, E. P. (2019). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS BUDAYA MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL JAWA. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika (JIPM). https://doi.org/10.37729/jipm.v1i1.5810

Ozdamli, F., Karabey, D., & Nizamoglu, B. (2013). The Effect of Technology Supported Collaborativelearning Settings on Behaviour of Students Towards Mathematics Learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.06.198

Purwoko, R. Y. (2017). Urgensi Pedagogical Content Knowledge dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 3(2), 42–55.

Rosa, M., & Clark, D. (2011). Ethnomathematics: the cultural aspects of mathematics. Revista Latinoamericana de Etnomatemática.

Schoenfeld, A. H. (2016). Learning to Think Mathematically: Problem Solving, Metacognition, and Sense Making in Mathematics (Reprint). Journal of Education. https://doi.org/10.1177/002205741619600202

Sugiman. (2016). Karakteristik Siswa SMP dan Bilangan.

Taleb, Z., Ahmadi, A., & Musavi, M. (2015). The Effect of M-learning on Mathematics Learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.092

Zaenuri, & Dwidayati, N. (2018). Menggali Etnomatematika : Matematika sebagai Produk Budaya. Prisma. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 471–476




DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v6i1.6492

Refbacks

  • There are currently no refbacks.