Pengaruh Media Cetak dan Audio Visual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita pada Siswa MTs Bergaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent
Abstract
Hasil pembelajaran menulis berita siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Batur, Banjar Negara sangat rendah. Dari 53 siswa yang mencapai ketuntasan belajar hanya 21,88% (12 siswa) dengan nilai rata-rata 70,83. Untuk itu, perlu dicarikan solusi berdasarkan kondisi dan teori yang ada dengan mengubah pendekatan pembelajaran dan penggunaan media yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi pengaruh penggunaan media cetak dan audio visual terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh media cetak terhadap kemampuan menulis teks berita dengan t hitung -4.916 dan sig .000 dengan taraf signifikan 5%, sehingga 0,000 < 0,05 maka data berpengaruh signifikan; terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap kemampuan menulis teks berita dengan hasil t hitung -10,495 dan sig .000 (2-tailed) dengan taraf signifikansi 5%, terdapat perbedaan pengaruh media cetakan dan audio visual terhadap kemampuan menulis teks berita dengan hasil penghitungan bahwa hasil kemampuan menulis teks berita dilihat berdasarkan nilai postes pada siswa dengan media cetak rata-rata sebesar 74,51, sedangkan nilai rata-rata siswa dengan media audio visual sebesar 79,92, media audio visual lebih besar pengaruhnya dibandingkan dengan media cetak; dan terdapat perbedaan gaya kognitif yang mempengaruhi kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Batur, Banjarnegara. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan total nilai yang diperoleh siswa FD memiliki total rata-rata 78,57 (kelas audio visual), sedangkan rata-rata siswa FI sebesar 77,90 (kelas media cetak)
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agboghoroma, T. E. (2015). Interaction Effects of Cognitive Style and Instructional Mode On Students’ Knowledge of Integrated Science. European Journal of Research and Reflection in Educational Sciences, 3(1), 47—54. Retrieved from http://www.idpublications.org/wp-content/uploads/2015/01/Interaction-effects-of-cognitive-style-and-instructional-mode-on-students%E2%80%99-knowledge-of-integrated-science.pdf.
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Bassey, Sam. W & Umoren, Grace. 2009. Cognitive Styles, Secondary School Students’Attitude And Academic Performance In Chemistry In AkwaIbom State –Nigeria. www.hbcse.tifr.res.in/episteme/episteme-2/eproceedings/bassey. diakses 22 Agustus 2011.
SUCIA, V. (2017). Pengaruh Gaya Komunikasi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Komuniti: Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 8(5), 112. https://doi.org/10.23917/komuniti.v8i5. 2942
Dadan,D. 2013. Strategi Pembelajaran Menulis dengan Model Prosa Menulis dan Penilaian portofolio di Kelas V SDN Sindangraja Kabupaten Sumedang. Jurnal Pendidikan. Universitas Pendidikan Indonesia.
Darmayanti, N.W.S., Sadia, W., & Sudiatmika, A. A. I. A. R. (2013). Pengaruh Model Collaborative Teamwork Learning terhadap Keterampilan Proses Sains dan Pemahaman Konsep Ditinjau dari Gaya Kognitif. 3(1). Retrieved from http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/553/345.
Degeng, I. N. S. (1989). Ilmu Pengajaran Taksonomi Variabel. Jakarta: Depdikbud.
Dhieni, Nurbiana.dkk. 2008. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas
Terbuka.
Ghaedsharafi, M., & Bagheri, M. S. (2012). Effects of Audiovisual, Audio, and Visual Presentations on EFL Learners’ Writing Skill. International Journal of English Linguistics, 2(2), 113—121. DOI: http://dx.doi.org/10.5539/ijel.v2n2p113.
Hamdani. 2011. Strategi belajar mengajar. Bandung: CV. Pustaka setia
Kausar, G. (2013). Students’ Perspective of the Use of Audio Visual Aids in Pakistan. Journal of Education, 68(3), DOI: 10.7763/IPEDR. 2013. V68. 3.
Keefe, James W. dan J.S. Monk.1987. Learning Style: Theory and Practice. Reston,Va: National Assosiation of Scundery School Principal.
Mathew, N. G., & Alidmat, A. O. H. (2013). A Study on the Usefulness of Audio-Visual Aids in EFL Classroom: Implications for Effective Instruction. International Journal of Higher Education, 2(2), 86—92. DOI: https://doi.org/10.5430/ijhe.v2n2p86.
Abdul Majid. 2012. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Moslemi, N., & Dastgoshadeh, A. (2010). The Relationship Between Cognitive Styles and Young Adult Learners’ Preferences for Written Corrective Feedback La relación entre los estilos cognitivos y las preferencias deretroalimentación correctiva escrita de los estudiantes *. 24(2), 120–5927.https://doi.org/10.19183/how.24.2.338
Prayekti. (2018). The Influence of Cognitive Learning Style and Learning
Independence on the Students’ Learning Outcomes. Higher Education Studies, 8(2), 37. https://doi.org/10.5539/hes.v8n2p37
Reta, I. K. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 1—17 Retrieved from http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/403/195.
Sucia, V. (2017). Pengaruh Gaya Komunikasi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Komuniti: Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 8(5), 112. https://doi.org/10.23917/komuniti.v8i5. 2942
Smaldino,et.al. (2011). Instructional Technology and Media for Learning. Colombus: Upper Saddle River.
Sternberg, R.J. & Grigorenko, E.L. (1997). Are Cognitive Style Still in Style?. American Psychologist, 52 (7), hlm 700-712
Sudjana & Rivai. (2003). Audiovisual. Jakarta: Bina Aksara.
Witkin, A. H. et al. (1977). “Field-Dependent and Independent Cognitive Style and Thei Educational Implication”. Review of Educational Research, 47 (1), hlm 1-64.
DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v6i1.6491
Refbacks
- There are currently no refbacks.