PENGARUH MEAs TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DILIHAT DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

Lailatuth Thoyyibah, Dewi Azizah, Sayyidatul Karimah

Abstract


Tujuan dari artikel  ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari kemandirian belajar. Model pembelajaran yang dibandingkan adalah MEAs dan PBL. Eksperimental semu merupakan jenis penelitian dari artikel ini. Penentuan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Angket dan tes digunakan sebagai alat pengumpul data. Anava dua jalan dengan sel tak sama digunakan sebagai analisis data pada artikel ini. Hasil dari  analisis data dapat disimpulkan (1) kemampuan pemecahan masalah siswa melalui MEAs lebih baik dari PBL, (2) kemampuan pemecahan masalah siswa dengan kemandirian belajar tinggi lebih baik dari  siswa dengan kemandirian belajar sedang maupun rendah, kemampuan pemecahan masalah siswa dengan kemandirian belajar sedang sama baiknya dengan siswa dengan kemandirian belajar rendah, (3) pada MEAs, siswa dengan kemandirian belajar tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah lebih baik daripada siswa dengan kemandirian belajar sedang maupun rendah dan siswa dengan kemandirian belajar sedang  memiliki kemampuan pemecahan masalah sama baiknya dengan siswa yang kemandirian belajarnya rendah. Sedangkan pada PBL, siswa dengan kemandirian belajar tinggi mempunyai kemampuan pemecahan masalah sama baiknya dengan siswa yang kemandirian belajarnya sedang maupun rendah, (4) pada siswa dengan kemandirian belajar tinggi, kemampuan pemecahan masalah siswa melalui MEAs lebih baik dari PBL dan pada siswa dengan kemandirian belajar sedang maupun rendah, kemampuan pemecahan masalah melalui MEAs lebih baik dari PBL.

Kata kunci: MEAs, Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemandirian Belajar


Full Text:

PDF

References


Aini, P. N., dan Taman, A. (2012). “Pengaruh Kemandirian Belajar dan Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Seswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2010/2011”. Jurnal PendidikanAkuntansi, X(1), 48-65.

Budiyono. (2009). Statistika untuk Penelitian Cetakan 3. Surakarta: UNS Press.

Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas

Hidayat, Wahyu. (2014). The Implementation Of MEAs Instruction To Students’ Mathematics Problem Solving and Connecting Ability. Proceeding of International Conference On Research, Implementation And Education Of Mathematics And Sciences 2014, Yogyakarta State University.

Khasanah, Aulia Kholifatul dan Ismail. (2016). “Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Pada Pembelajaran dengan Pendekatan MEAs Pada Materi Program Linear di Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Krian”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1, 6-13.

Miranti, N.K., Agoestanto, A., dan Kurniasih, A.W. (2015). “Komprasi Pembelajaran MEA dan PBL Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa SMP Kelas VIII pada materi SPLDV”. Unnes Journal of Mathematics Education, 3, 213-221.

Prasetyo T.K, Sandhy., Usodo, Budi., dan Subanti, Sri. (2015). “Eksperimentasi Model Pembelajaran Discovery Learning (DL) dan Problem Based Learning (PBL) pada materi Bangun Ruang ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP NEGERI SE-Kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2014/2015”. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 9, 997-1008.

Purwoko, Riawan Yudi. (2017). Analisis Kemampuan Content Knowledge Mahasiswa Calon Guru Matematika Pada Praktek Pembelajaran Mikro. Jurnal Pendidikan. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), Volume: 3, Nomor: 1, Juni 2017. http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya/article/view/3856

Sulianto, Joko. (2014). Teori Belajar Kognitif David Ausubel”Belajar Bermakna”, Zoltan P Dienes ”Belajar Permainan”, Van Heille”Pengajaran Geometri. Prosiding di Seminar Nasional Implementasi Pembelajaran Tematik Dalam Mengoptimalisasi Kurikulum 2013. [Online], (http://Scholar.google.-co.id), diakses 14 Agustus 2017.

Sumarmo, U. (2004). Kemandirian Belajar, Apa, Mengapa dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. Laporan Penelitian UPI. Tidak diterbitkan.

Supraptinah, Umi., Budiyono, dan Subanti, Sri. (2015). “Eksperimentasi Model Pembelajaran Discover Learning, Problem Based Learning, dan Think-Talk-Write dengan Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 3, 1138-1149

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka

Wijayanti (2013). “Pengaruh Pendekatan MEAs terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah, Komunikasi Matematis, dan Kepercayaan Diri Siswa”. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 8, 181-192




DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v4i1.6314

Refbacks

  • There are currently no refbacks.