IMPLEMENTASI MODEL PENDIDIKAN INKLUSI DI SEKOLAH DASAR KOTA BATU

Siti Maimunah Maimunah, Ni’matuzahroh Ni’matuzahroh, Susanti Prasetyaningrum, Beti Istanti Suwandayani

Abstract


Konsep pendidikan inklusi muncul dimaksudkan untuk memberi solusi atas perlakuan diskriminatif dalam layanan pendidikan terutama bagi anak-anak penyandang cacat atau anak-anak yang berkebutuhan khusus. Sayangnya belum banyak sekolah yang memahami bagaimana implementasi yang sesuai dengan melibatkan beberapa komunitas demi tercapainya pendidikan inklusif yang memadai. Tujuan penelitian ini adalah memberikan deskripsi mengenali implementasi dan permsalahan dalam model pedidikan inklusi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualiitatif dengan menggunakan pengumpulan datanya berupa wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Dari data tersebut akan dianalisis juga menggunakan keabsahan data jenis trianggulasi metode. Sehingga hasil penelitian ini adalah pelaksanaan model pendidikan inklusi berjalan dengan baik dengan membuat perangkat pembelajaran, pelaksanaan inklusi termasuk dan juga evaluasi. Sedangkan permasalahan yang muncul adalah kurangnya pemahamannya dari masyarakat dan orang tua tentang edukasi pendidikan inklusi sehingga pelaksanaannya perlu dioptimalkan. Dan juga sumber daya manusia yang dimiliki sekolah masih kurang sehingga dalam belum optimal dalam melakukan kegiatan pendidikan inklusi.  Kata kunci : model, pendidikan inklusi, sekolah dasar

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v4i2.5344

Refbacks

  • There are currently no refbacks.