MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPEAKING DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BAGI SISWA SMA
Abstract
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan speaking pada mata pelajaran bahasa Inggris siswa kelas X-4 SMA Negeri 11 Purworejo, sedangkan tujuan khusus penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan speaking secara signifikan siswa SMA Negeri 11 Purworejo dengan model pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning), khususnya kelas X-4 bisa mencapai nilai diatas KKM minimal 80%. Berdasarkan data hasil penelitian dapat diketahui adanya peningkatan proses yaitu dari kondisi awal nilai rata-rata 69,17 dan yang tuntas 11 siswa dari 30 siswa (36,67%), pada siklus I nilai rata-rata naik menjadi 72,17 dan yang tuntas meningkat menjadi 14 siswa (46,67%), dan pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 85,83 yang tuntas menjadi 28 siswa atau meningkat menjadi 93,33%, sehingga peningkatan 46,66% untuk ketuntasannya. Sedangkan rata-rata hasil pengamatan terhadap aspek afektif (sikap dan nilai yang meliputi perilaku siswa) dan psikomotorik (keterampilan atau kemampuan bertindak setelah siswa menerima pembelajaran) siswa meningkat, yaitu afektif dari 76 pada siklus I menjadi 84 pada siklus II dan psikomotorik dari 77 pada siklus I menjadi 85 pada siklus II. Begitu juga pengamatan pada aktivitas guru persentase tertinggi dari rata-rata hasil pengamatan 18,51 % dalam katagori baik sekali, 70,387% aspek-aspek proses belajar mengajar yang dilaksanakan guru berkategori baik, dan 11,11% dikatagorikan cukup. Artinya bahwa penampilan mengajar guru dari siklus I ada perubahan positif pada siklus II dan dapat dikatagorikan baik berdasarkan aspek-aspek dalam perencanaan pembelajaran, kegiatan utama, dan pemantapannya.
Kata kunci : kemampuan speaking, pendekatan CTL, hasil belajar siswa
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v4i1.4892
Refbacks
- There are currently no refbacks.