URGENSI PEDAGOGICALCONTENT KNOWLEDGE DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Riawan Yudi Purwoko

Abstract


Peningakatan kualitas pembelajaran di kelas ditentukan oleh kualitas guru dalam mengelola pembelajaran. Pedagogical Content Knowledge (PCK) sangat penting  dimiliki  oleh seorang guru untuk  menciptakan  pembelajaran  yang bermakna bagi siswa. PCK menjadi isu sekaligus ide baru untuk memaksimalkan  proses dan hasil pembelajaran,  khususnya  dalam pembelajaran matematikaagar siswa mempunyai keterampilan berpikir untuk bekal masa depan yang lebih baik. Pada penelitian ini menggunakan metode analisis konten yang digunakan untuk merancang model PCK yang dapat menstimulasi keterampilan berpikir siswa. Hasil kajian ini memperoleh desain awal bahwa terdapat empat komponen utama dalam PCK yang setelah dianalisis berdasarkan kebutuhan setiap komponen mempunyai karakteristik yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika.Empat komponen utama dalam PCK setelah dianalisis berdasarkan kesesuaian teori-teori moderen yang kemudian dapat dioperasionalkan di kelas untuk mengintervensi kondisi kelas supaya lebih menemukan makna dalam pembelajaran matematika adalah ,1) Knowledge of Curriculum for Mathematics (Learning Trajectory) 2) Knowledge of Instructional Strategies for Mathematics(Constructivist Learning Environments), 3) Knowledge of Student Understanding within Mathematics (Mathematical Beliefsdan 4) Knowledge of Assessment for Mathematics (Autentics Assessment). Model PCK yang dikembangkan merupakan salah satu desain pembelajaran inovatif sesuai dengan kebutuhan untuk meningkatkan kualitas guru dalam pembelajaran sehingga siswa lebih aktif dan terampil dalam berpikir matematis.


Full Text: PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


E-ISSN 2541-4070

P-ISSN 2477-829X