IMPLEMENTASI PENILAIAN OTENTIK DI SMA
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui implementasi penilaian autentik di SMA, yang mencakup : (1) bentuk-bentuk penilaian autentik yang digunakan di SMA; (2) pelaksanaan penilaian autentik; serta (3) permasalahan yang dihadapi pendidik dalam mengembangkan dan melaksanakan penilaiannautentik. Penelitian ini merupakan bagian dari proses penelitian pengembangan, dengan melibatkan subjek penelitian pendidik dan calon pendidik SMA di wilayah Purworwjo. Teknik pengumkpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi, obsevasi dan wawancara. Hasil penlitian menunjukan bahwa implementasi asesmen yang dilakukan di tingkat SMA telah mencakup aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap. Pada asesmen sikap, asesmen dilakukan dengan menggunakan bentuk rating scale, lembar penilaian diri, penilaian antar teman, serta cartatan harian (jurnal). Pada aspek pengetahuan, asesmen dilakukan dengan tes tertulis, tes lesan dan penugasan, sedangkan asesmen keterampilan dilakukan dengan asesmen unjuk kerja, proyek fortofolio serta asesmen produk.Walaupun beberapa teknik asesmen telah dilakukan, namun proses penilaian belum mampu berjalan secara optimal. Hal ini terjadi karena pendidik masih mengalami kesulitan dalam menjabarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), dan Kompetensi Dasar (KD) ke dalam indikator soal yang sesuai dengan kondisi peserta didik, ditambah dengan kurangnya kemampuan pemilihan kata yang tepat dalam membuat instrumen penilaian. Pelaksanaan asesmen banyak menyita waktu, biaya dan tenaga, karena pendidik harus menilai siswa satu persatu dan menyiapkan banyaknya bentuk perangkat asesmen yang akan digunakan.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v3i2.4336
Refbacks
- There are currently no refbacks.