EFEKTIFITAS PEMBERIAN TUGAS BELAJAR MANDIRI MATA KULIAH KELISTRIKAN OTOMOTIF MELALUI BLOG PADA MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO

Dwi Jatmoko

Abstract


Tingkat efektivitas penggunaan blog dalam mata kuliah kelistrikan otomotif pada mahasiswa semester IV di Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif UM Purworejo yang diwujudkan dalam empat aspek yaitu, bagaimana pembuatan blog, bagaimana prosedur tugas mandiri, bagaimana waktu pelaksanaan tugas mandiri, dan bagaimana hasil belajar mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif UM Purworejo tahun ajaran 2015/2016. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan blog adalah tinggi (efektif) dengan diperoleh mean sebesar 7,98; penggunaan Waktu menggunakan blog adalah tinggi (efektif) dengan diperoleh mean sebesar 3,27; hasil belajar adalah cukup tinggi (cukup efektif) dengan diperoleh mean sebesar 83,27 sedangkan hasil belajar sistem kelistrikan adalah rendah (kurang efektif) dengan diperoleh mean sebesar 77,5; penggunaan media blogeradalah efektif dengan rata-rata seluruh indikator efektivitas penggunaan blog sebesar 108,37.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v3i2.4334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.