PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (COOPERATIVE LEARNING) TIPE MAKE-A MATCH BERBANTUAN MEDIA KOMIK INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hail belajar dan aktivitas belajar siswa Kelas 2 SD Kanisius Lodoyong dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make-A Match berbantuan media komik interaktif, jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari 3 tahap yaitu, 1) perencanaan tindakan 2) pelaksanaan tindakan dan observasi 3) refleksi untuk setiap siklusnya terdiri dari 3 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Negeri 01 Tuntang dengan jumlah 21 siswa, teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan non tes, dan untuk analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif komparatif dengan membandingkan hasil siklus I dan siklus II. Data kuantitatif yang berupa hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran berlangsung pada setiap siklusnya dianalisis. Hal ini di tunjukkan dengan dengan peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar pada siklus I dan siklus II. Data yang didapat pada siklus I untuk hasil belajar 66,7 % siswa untuk tuntas KKM yang ditetapkan 65 dengan rata-rata 70,1, sedangkan aktivitas belajar siswa 48% pada kategori tinggi. Untuk siklus II prestasi belajar 95,2 % siswa tuntas KKM dengan rata-rata 80,2, sedangkan aktivitas belajar siswa 52% pada kategori sangat tinggi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Make-A Match berbantuan media komik interaktifdapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v3i1.3857
Refbacks
- There are currently no refbacks.