PENGARUH METODE PEMBELAJARAN CTL DAN OPEN-ENDED TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MEMPERHATIKAN GAYA BELAJAR
Abstract
Tujuan penelitian: (1) mendeskripsikan minat belajar matematika dengan metode CTL dan Open-Ended, (2) membandingkan pengaruh metode CTL dan Open-Ended terhadap minat, (3) membandingkan pengaruh gaya belajar terhadap minat, (4) mengetahui pengaruh interaksi antara metode mengajar dan gaya belajar terhadap minat. Penelitian menggunakan desain penelitian eksperimental semu dengan dua kelompok eksperimen, yaitu CTL dan Open-ended. Instrumen penelitian berupa angket, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis multivariate desain faktorial dua jalan dengan sel tak sama, dan uji lanjut dengan prosedur Bonferroni. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) metode pembelajaran Open-ended dan CTL baik untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa, (2) metode pembelajaran CTL lebih baik dibandingkan dengan metode pembelajaran Open-Ended ditinjau dari minat belajar siswa, (3) terdapat pengaruh gaya belajar terhadap minat belajar siswa, dengan gaya belajar visual mempunyai minat belajar yang lebih baik dibandingkan gaya belajar auditorial, (4) tidak terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan gaya belajar matematika siswa terhadap minat belajar matematika siswa.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v3i1.3854
Refbacks
- There are currently no refbacks.