PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATA KULIAH BAHASA INDONESIA UNTUK MAHASISWA STMIK PALANGKA RAYA

Yuliarti Yuliarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses perkuliahan Bahasa Indonesia di STMIK Palangka Raya, mengembangkan buku ajar mata kuliah Bahasa Indonesia yang sesuai dengan capaian kompetensi lulusan STMIK Palangka Raya, dan mengevaluasi validitas, efektivitas, serta kepraktisan buku ajar tersebut. Metode yang digunakan adalah Research and Development dengan menganalisis kebutuhan kemudian mengembangkan produk dan diuji validitas, efektivitas, dan kepraktisanya hingga diperoleh produk final. Produk yang dikembangkan adalah buku ajar mata kuliah Bahasa Indonesia untuk mahasiswa STMIK Palangka Raya. Hasil analisis menunjukkan buku ajar validitas sebesar 93%, efektif kerena sebesar 92,67% mahasiswa tuntas KKM, dan praktis karena mahasiswa sebesar 87,33% merespon keterterapan produk dengan baik, serta 89,60% praktisi merespon dengan baik saat diterapkan. Buku ajar ini memiliki keterterapan yang tinggi karena memiliki validitas yang tinggi pula. Buku ajar yang dikembangkan juga memiliki efektivitas yang baik, karena memiliki validitas yang tinggi dan kepraktisan yang tinggi pula. Dengan kepraktisan buku ajar yang tinggi, maka belajar materi Bahasa Indonesia akan lebih mudah.Disarankan agar dosen dapat menerapkan buku ajar Bahasa Indonesia untuk mahasiswa STMIK Palangka Raya guna membekali mahasiswa untuk cakap menerapkan kaidah-kaidah Bahasa Indonsia yang baik dan benar, dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi maupun dalam kehidupan sehari-hari.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v2i2.3466

Refbacks

  • There are currently no refbacks.