KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP/ MTs DI KECAMATAN PREMBUN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada siswa SMP/ MTs Negeri di Kecamatan Prembun. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP/ MTs Negeri di Kecamatan Prembun. Teknik samplingnya purposive sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah kemandirian belajar. Teknik pengumpulan datanya adalah dokumentasi. Analisis datanya menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa sebagian besar siswa sudah membawa buku pelajaran sendiri dan tidak meminjam milik teman, siswa juga menyelesaikan tugas diskusi yang diberikan oleh guru, dan siswa mengerjakan tugas sesuai dengan tenggang waktu yang telah ditentukan. Dari masing-masing pernyataan tersebut, dikatakan bahwa kemandirian belajar siswa termasuk dalam predikat baik. Sedangkan siswa memperhatikan penjelasan teman ketika diskusi dalam kelompok dan siswa merapikan kembali peralatan yang digunakan setelah pembelajaran termasuk dalam predikat cukup. Siswa yang membuat catatan tersendiri tentang materi pembelajaran matematika termasuk dalam predikat kurang karena hanya 58,8% siswa yang melakukannya. Selanjutnya sebagian besar siswa tidak menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru. Hanya sebagian kecil siswa yang menggunakan buku matematika lainnya selain materi yang diberikan oleh guru saat pembelajaran. Sebagian besar siswa tidak berani mengeluarkan pendapat yang dimiliki pada saat diskusi. Hanya sebagian kecil siswa yang mengerjakan sendiri tugas individu yang harus dikerjakannya. Hal-hal tersebut termasuk dalam predikat kurang sekali. Sehingga kemandirian belajar siswa secara umum termasuk dalam predikat cukup.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v2i2.3464
Refbacks
- There are currently no refbacks.