PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS INTERELASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK MENINGKATKAN KECAKAPAN HIDUP

Tusino Tusino, Puspa Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran berbasis interelasi dalam pembelajaran Bahasa Inggris untuk meningkatkan kecakapan hidup siswa. Model pembelajaran ini diharapkan dapat digunaan sebagai acuan pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris di tingkat SMK khususnya di kabupaten Purworejo. Penelitian ini menggunakan model Research and Development. Peneliti menerapkan uji coba model pembelajaran di SMK Nurussalaf Kemiri, Purworejo. Beberapa temuan adalah kurangnya pemahaman para siswa akan istilah bahasa Inggris di bidang otomotif, minimnya penguasaan kosakata teknis, dan pengucapan (pronunciation) yang tidak sempurna. Setelah diajar selama tiga pertemuan, para siswa mengalami peningkatan yang cukup signifikan terkait penguasan istilah, kosakata, dan pengucapan bahasa Inggris teknis. Hasil dari pengamatan dan wawancara terhadap para siswa, pada umumnya mereka senang dengan model pembelajaran interelasi dan mereka berkeinginan agar kegiatan ini dilanjutkan oleh guru yang mengajar Bahasa Inggris mereka saat ini. Dari penelitian ini akan tersusun desain model pembelajaran berbasis interelasi beserta perangkatnya untuk pembelajaran bahasa Inggris. Pada tahap test, evaluation, and revision desain model dikembangkan dengan melakukan uji coba di SMK Institut Indonesia Kutoarjo. Dari hasil uji efektifitas, peneliti menemukan bahwa nilai post test eksperimen siswa adalah 78.33, dan nilai post test kontrol sebesar 73.13. Hasil uji-t menunjukkan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel (4.816>2.000). Peneliti menyimpulkan bahwa model pembelajaran interelasi baik dan efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran bahasa Inggris di tingkat SMK untuk meningkatkan kecakapan hidup

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v2i2.3463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.