EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN INVESTIGASI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu yang bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan model pembelajaran Problem Solving yang diintegrasikan dengan pembelajaran investigasi terhadap keterampilan berpikir kritis matematis berbantuan Google Classroom. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo Semester IV. Teknik sampling yang digunakan adalah Cluster Random Sampling sehingga diperoleh sampel penelitian yang terdiri dari 2 kelas. Instrumen penelitian mengggunakan tes pilihan ganda, data dokumen, angket, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan uji prasyarat uji normalitas dan uji homogenitas variansi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis matematis mahasiswa yang dikenai pembelajaran problem solving dan investigasi berbantuan Google Classroom lebih baik daripada keterampilan berpikir kritis matematis mahasiswa yang dikenai pembelajaran tradisional berbantuan Google Classroom.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v2i1.3272
Refbacks
- There are currently no refbacks.