PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN MEMBACA DONGENG PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 16 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2012/ 2013

Tri Sudarmi Sugondo

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan pengaruh metode demonstrasi terhadap aktivitas belajar membaca dongeng; (2) mendeskripsikan pengaruh metode demonstrasi terhadap peningkatan kemampuan membaca dongeng siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yang masing‐masing siklus melalui tahap‐tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, angket, pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Keabsahan data diperoleh dari tanya jawab dan triangulasi data. Hasil penelitian yang diperoleh, pembelajaran menggunakan metode demonstrasi mempengaruhi aktivitas belajar siswa. Hasil tersebut diperoleh dari angket, pengamatan, dan wawancara terhadap siswa. Setelah metode demonstrasi dilakukan, pembelajaran mengalami perubahan ke arah yang positif yaitu suasana belajar yang menyenangkan, siswa lebih berani dibanding sebelum adanya tindakan. Hasil analisis data penelitian ini terlihat bahwa ada peningkatan kemampuan membaca dongeng setelah dilaksanakannya pembelajaran dengan metode demonstrasi setiap aspeknya yaitu aspek ketepatan lafal/ pengucapan; ketepatan intonasi; komunikasi mata; mimik/ ekspresi wajah dan penghayatan; dan pemahaman terhadap isi dongeng . Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil nilai rata‐rata pretes sebesar 64,25, nilai rata‐rata siklus I sebesar 69,63, dan nilai rata‐rata pada siklus II mencapai 73,75. Jadi, jumlah perbandingan nilai rata‐rata dari prasiklus sampai dengan siklus II mencapai 9,50.

Kata kunci: membaca dongeng, metode demonstrasi.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.